Selasa, 24 Februari 2009

Kolektor Uang Revolusi dari Denmark


Barangkali salah satu koleksi uang revolusi Indonesia yang cukup lengkap saat ini berada di Denmark. Kolektornya adalah Mr. Hansen. Di Denmark sendiri koleksi uang Indonesia masih kurang dipahami oleh sebagian besar kolektor. Tentu tidak demikian dengan Mr. Hansen itu.

Mr. Hansen termasuk seorang numismatis yang amat getol memburu uang-uang lama Indonesia, termasuk uang revolusi atau ORI daerah. Koleksinya meliputi dua album yang cukup besar. Di antara koleksinya itu ternyata uang revolusi Indonesia yang dia miliki nyaris lengkap. Malah ada beberapa yang tergolong amat langka.

Menurut penuturannya, minatnya akan uang Indonesia termotivasi oleh keindahan lukisan dan gambarnya. Tidak heran dia memiliki pengetahuan akan koleksi Indonesia yang cukup memadai. Bahkan dia paham betul akan jenis dan variasi uang revolusi Indonesia.

Hansen mengatakan, album bakunya didapat pada 1964 dalam sebuah pelelangan di Amsterdam. Waktu itu dia beli seharga 500 Gulden. Sampai saat ini dia masih tetap berusaha melengkapi dan mencari jenis-jenis yang belum ada di dalam koleksinya. Beberapa jenis langka yang ada di dalam koleksinya antara lain ORI Surakarta, Serang, Siantar, Bukittinggi, Tjurup, Tandjungkarang, Bengkulu, Asahan, Aceh, Palembang, Kualaleidong, Labuan Batu, Labuan Bilik, Tapanuli, Djambi, dan Panai. Koleksinya meliputi berbagai pecahan, termasuk pecahan terbesar dari Labuan Bilik yaitu Rp 5 juta dan 25 juta.

Konon, nanti koleksinya akan disumbangkan ke Museum Kopenhagen. Bukan tidak mungkin, museum itu akan menjadi museum uang langka Indonesia terlengkap di dunia.

(Sumber: Berita PPKMU)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perlengkapan Numismatik

Perlengkapan Numismatik

Rupiah dan ORI

Buku Palmistri dan Fisiognomi

Buku Astrologi dan Feng Shui

Buku Numerologi, Grafologi, dan Frenologi

Buku Arkeologi dan Prasejarah

Kontak Saya

Nama :
Email :
Subjek :
Pesan :
Tulis Ini :